Jakut & Jaktim Pesta Kembang Api, Jaksel Zikir Akbar

JAKARTA - Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Kombes Pol Jarno mengatakan setidaknya ada tiga titik pemusatan massa saat perayaan pergantian tahun malam nanti.

Lokasi pemusatan massa di Jakarta Utara akan dipusatkan di Taman Impian Jaya Ancol di mana Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo juga dijadwalkan hadir. Sementara di Jakarta Timur, dipusatkan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

“Di Ancol keamanan sudah disetting. Di (Jakarta) Timur ada di Taman Mini juga sedang apel. Di (Jakarta) Selatan dipusatkan zikir akbar di Kemang,” papar Jarno seusai apel pengamanan malam Tahun Baru di Lapangan Mapolda Metro Jaya, Jumat (31/12/2010).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dua lokasi di ujung Jakarta itu akan menyuguhkan pesta kembang api dan pegelaran musik sejak sekira pukul 22.00 WIB.

Sementara itu Polda Metro Jaya juga mencatat agenda zikir akbar yang akan dihelat di Jalan Kemang Raya.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Royke Lumowa mengatakan kawasan Jalan Kemang Raya, tepatnya di depan Bank Panin, akan ditutup mulai pukul 19.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Penutupan selanjutkan dilakukan tergantung situasi dan kondisi kemacetan.

“Jalan tidak ada yang ditutup kecuali di Kemang soalnya jalan dipakai untuk zikir akbar. Kalau jalan ditutup biasanya jika terjadi stagnan kita tutup, daripada terjerumus dalam kemacetan. Kita beritahu (alternatif) jalan ini, jalan ini,” ucap Royke di kesempatan yang sama.

Royke menjelaskan, ruas jalan lain akan ditutup melihat kondisi di lokasi. Jika kendaraan menumpuk dan tidak bisa bergerak, maka arus akan ditutup atau dialihkan ke rute alternatif.

Bahkan jika arus lalu lintas berlebihan, maka Polda Metro akan membatasi arus kendaraan. "Pemusatan massa di Ancol, tapi kami juga akan kurangi massa yang ke sana,” ujarnya.

Polda Metro Jaya mengerahkan 7.239 personel untuk mengamankan perayaan Tahun Baru. Jumlah tersebut juga sudah termasuk petugas pengamanan Samapta dan Brimob.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More