Budayawan: Pemerintah Tak Bohongi Rakyat

Presiden SBY

JAKARTA - Pengamat sosial Radhar Panca Dahana tak sepakat dengan apa yang ditudingkan tokoh lintas agama yang menilai pemerintah melakukan kebohongan terhadap publik. Apa yang dilakukan pemerintah bukan semata-mata kebohongan terhadap publik.

"Itu tidak berbohong, tapi kecenderungan mengelabui. Jadi beda antara berbohong dengan mengelabui. Kalau mengelabui itu memindahkan fokus," ucapnya saat diskusi di Warung Daun, Jakarta Pusat, Minggu (15/1/2011).

Praktek seperti itu, menurut Radar, tidak hanya dilakukan pemerintah Indonesia, tapi seorang pembantu atau sekelas George Bush juga melakukan hal yang sama.

"Seperti George Bush, janji yang nggak bisa dipenuhi, tapi dia tetap dianggap sebagai hero oleh masyarakat. Dia memang membuat janji, tapi terhapus dengan citra. Kalau menjaga citra, pembantu rumah tangga juga (bisa) jaga citra. Misalnya belinya hp yang bemerek seperti nokia dong. Jadi wajar pencitraan di alam modern apalagi politik," tegasnya.

Namun memang, diakui Radar, apa yang disampaikan pemerintah tak semuanya benar. "Itu bukan demi kebenaran tapi demi kebaikan," tukasnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More