Warga Tengger Enggan Tinggalkan Rumah

Aktivitas Gunung Bromo

PROBOLINGGO - Warga Suku Tengger di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, enggan meninggalkan kampung halaman, meski abu vulkanik Gunung Bromo terus mengguyur.

Mereka tetap merasa nyaman dan aman tinggal di kediamannya dan tak terpengaruh dengan ancaman bahaya abu vulkanik.

Meski diselimuti kabut dan hujan abu vulkanik, warga tetap beraktivitas seperti biasa. Selain itu, warga juga membersihkan atap genteng yang terus tertimbun abu vulkanik.

“Tinggal di rumah lebih nyaman. Hujan abu ini belum membahayakan, sehingga tidak perlu mengungsi ke tempat lain,” ujar Sugito, warga Cemoro Lawang Kecamatan Sukapura, Selasa (28/12/2010).

Menurut Sugito, warga setempat akan tetap bertahan di kampung halaman meski abu terus mengguyur. Tinggal di kawasan Gunung Bromo, kata dia, sudah menjadi hal yang biasa diguyur hujan abu.

Sementara itu, Kepala BNPD Kabupaten Probolinggo, Giarto menyatakan, hingga saat ini belum ada upaya untuk mengevakuasi warga Tengger. Meski demikian, pihaknya tetap mengimbau agar warga tetap menjaga kesehatan agar tidak mudah terserang penyakit. "Sampai saat ini belum ada upaya mengevakuasi warga," ucap Giarto.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More