Tak Netral, Ketua KPU Tangsel Harus Dicopot


TANGERANG - Ketua dan anggota KPU Tangerang Selatan (Tangsel) dituding telah bersikap tidak netral, dengan mendukung salah satu pasangan calon wali kota dan wakil wali kota dalam Pemilukada Tangsel.

“Kami meminta Ketua dan anggota KPU Tangsel segera dicopot dan diganti oleh orang-orang yang bersih dan bekerja secara profesional, netral dan tidak berpihak kepada satu pasangan calon. Jangan sampai hal itu terulang dalam Pemilukada ulang,” ujar Ketua LSM Cerdas Bangsa Provinsi Banten, Ali Chandra, kepada okezone, di Kantor KPU Tangsel, Selasa (14/12/2010).

Ali menambahkan, ketidaknetralan KPU Tangsel dalam Pemilukada Tangsel terbukti saat Pemilukada tahap awal, di mana banyak warga yang memiliki KTP tidak bisa mencoblos. Bahkan, warga yang telah pindah selama empat tahun dari Kota Tangsel terdaftar sebagai pemilih.

"Proses sosialisasi KPU Tangsel juga dinilai tidak berjalan. Hal itu terlihat, saat pencoblosan pada 13 Nopember 2010, banyak warga Tangsel yang tidak mengetahui sedang dilangsungkan pencoblosan," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kota Tangsel Muslih Bachsar mengatakan, indikasi kecurangan Pemilukada Tangsel yang dilakukan KPU Tangsel terlihat dari banyaknya surat C6 (undangan dan kartu pemilih) yang dipulangkan. Padahal, surat itu merupakan hasil survei dari bawah.

"Ada 63 ribu kartu C6 yang dipulangkan. Itu merupakan pelanggaran administratif Pemilukada. Kita sudah melakukan klarifikasi kepada KPU Tangsel, tetapi belum ada tanggapan," terangnya, di kantor Panwaslu Tangsel.

Menurut Muslih, semua kecurangan-kecungaran KPU Tangsel dalam Pemilukada Tangsel sudah terbukti dalam sengketa Pemilukada Tangsel di Mahkamah Konstitusi (MK) dan memiliki ketentuan hukum yang tidak bisa diabaikan.

Sebagaimana diketahui, Mahkamah Konstitusi akhirnya memutuskan bahwa Pemilukada di Tangsel harus diulang. MK menuding, telah terjadi sejumlah kecurangan selama proses pemilihan kepala daerah ini berlangsung.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More