Segarnya Setup Buah

Mencari kudapan segar namun pas disantap kala musim pancaroba untuk acara seperti arisan atau kumpul keluarga besar? Setup bisa menjadi jawaban yang tepat.

Untuk kudapan sehat, buah mempunyai banyak cara pengolahan, seperti setup. Sajian dessert internasional ini menjadi idola karena dapat disajikan dalam kondisi dingin dan hangat.

Di musim panas, setup buah yang manis dan dingin pasti menjadi sajian yang menyegarkan. Dan, sebaliknya, saat dingin, setup buah dapat menghangatkan tubuh.

Namun perlu trik khusus untuk membuat setup buah yang renyah, segar dan tahan lama. Apa saja? Yuk, kita ikuti bersama.
Meski semua jenis buah dapat digunakan untuk membuat setup buah. Namun akan lebih baik hasilnya jika buah yang digunakan memiliki tekstur yang padat dan keras, namun tetap manis. Seperti apel, pir, nanas, melon, salak, peach, dan semua jenis buah. Pilih yang matangnya pas dan teksturnya masih keras, ya!

Sajikan potongan buah segar dengan sirup gula atau sirup beraroma. Bisa juga menggunakan jus buah segar yang ditambahkan air soda dan es batu.
Namun lazimnya setup buah dibuat dari larutan air gula dan berbagai rempah agar menghasilkan aroma yang sangat khas. Ingin lebih wangi? Gunakan gula merah atau gula palem.

Rempah yang cocok untuk setup buah adalah jahe, kayu manis, kapulaga, cengkeh, serai, dan pekak. Anda bisa juga menambahkan kulit jeruk manis atau jeruk lemon, daun pandan, daun jeruk atau essence buah sebagai penyegar aroma.
Supaya buah tetap renyah dan manis, rebus air dan gula beserta rempah-rempah hingga gula larut, lalu masukkan potongan buah-buahan, masak sampai buah-buahan lunak. Angkat dan dinginkan.

Jika ingin memakai buah bertekstur lunak, terlebih dulu rendam buah-buahan dengan air kapur sirih selama 15-20 menit, lalu cuci kembali hingga bersih.
Buat setup buah sehari sebelum disajikan agar gula dan aroma dapat meresap ke dalam buah dan semakin legit.

Bosan dengan buah? Tapai singkong pun dapat dibuat setup, yang enak disajikan dalam kondisi dingin.

Setup buah berkualitas baik dapat bertahan hingga satu bulan bahkan lebih. Karenanya, perhatikan cara penyimpanan yaitu disimpan dalam wadah kedap udara dan di dalam kulkas.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More