Polisi China Minta Bantuan Pengguna Internet Perangi Kejahatan

Foto: ilustrasi

BEIJING - Polisi di China menawarkan sejumlah uang dan imbalan lainnya untuk jutaan pengguna internet di negaranya, demi membantu penyelidikan kasus kejahatan.

Bulan ini, pihak berwenang di wilayah barat Xinjiang memposting di internet sebuah foto dari sebuah peristiwa kejahatan, dan menghadiahkan imbalan mulai dari 500 sampai 5000 Yuan (atau sekira USD75 sampai USD750) secara tunai atau disebut sebagai 'koin QQ' untuk informasi yang diberikan mengenai kasus tersebut. Demikian seperti yang dikutip dari Daily Times, Senin (27/12/2010).

Koin QQ adalah bentuk mata uang, yang mendaftarkan para penggunanya di layanan perpesanan instan. koin digunakan untuk membayar produk-produk virtual, contohnya seperti game.

Meski skema pemberian imbalan ini harus menunjukan kegunaan yang berarti dalam membantu penyelidikan mereka, pihak berwenang China mengatakan bahwa cara ini cukup bagus, karena China salah satu negara pengguna internet terbesar di dunia.

"Pihak kepolisian menggabungkan kedua cara penyelidikan baru dan lama, dan menggabungkan kedua metode dengan platform dan perangkat informasi yang moderen," ujar pihak kepolisian.

"Kami percaya bahwa cara ini akan memberi kita ruang yang lebih luas untuk membantu para warga," tambah mereka.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More