Din: Bubarkan Setgab Koalisi

Din Syamsuddin/tengah

JAKARTA - Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin mendesak parpol-parpol pendukung pemerintah membubarkan Sekretariat Gabungan (Setgab) Koalisi. Din berpendapat Setgab koalisi tidak menyehatkan demokrasi di Indonesia.

Din Syamsudin mengungkapkan, bila diteruskan, Setgab akan menjelma menjadi forum yang sangat berkuasa sehingga bakal mengungkung daya kritis parpol-parpol di dalamnya. Parpol mitra koalisi akhirnya hanya mengedepankan kepentingan bersifat kolutif.

”Pola koalisi seperti ini tidak konstruktif dan lebih mengarah pada interest politik.Nyaris feodal dan kooptatif,” ujar Din di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Jakarta kemarin.

Menurut dia, koalisi yang dibangun dengan memberi jatah kursi di kabinet membuat parpol-parpol terpaksa mengikuti setiap gagasan penguasa melalui Setgab. “Jadi sebaiknya dibubarkan saja. Saya kira masyarakat tidak berkehendak parpol pilihannya melakukan koalisi seperti ini,” ungkapnya.

Din juga menyoroti arah Setgab yang sudah masuk ranah penegakan hukum.Dia menyebutkan,penanganan kasus Bank Century yang hingga kini mandek antara lain lantaran ada peran Setgab di dalamnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More