Bandeng Cabut Tulang

Bahan :

1 ekor bandeng (± 750 gr)
2 sdm tepung tapioka

Bumbu perendam :
[Haluskan]
1 sdt irisan kunyit
1 sdt bawang putih
1 sdt irisan jahe
½ sdt garam
¼ sdt merica bubuk
100 ml air

Bahan isi bandeng:
3 butir telur ayam
2 sdm tepung tapioka
1 sdt garam
¼ sdt merica bubuk
2 sdm minyak goreng

Cara membuat:
1. Bersihkan sisi ikan. Tarik kepala dan ekornya dengan arah yang berlawanan. Patahkan tulang ekornya. Remas sambil tekan-tekan badan ikan dengan tangan untuk memudahkan saat mencabut tulang. Cabut tulang bagian tengah melalui lubang insang.
2. Belah perutnya hingga dekat ekor. Bentangkan ikan. Bersihkan kotoran dalam perut ikan. Cabut dan bersihkan tulang serta duri yang lembut dengan menggunakan pinset.
3. Balur ikan dengan bumbu perendam, diamkan selama 30 menit.
4. Angkat dan tiriskan ikan. Bentangkan ikan dengan posisi bagian dalam ikan menghadap ke atas, taburi dengan tepung tapioka.
5. Orak arik telur untuk isi ikan : campurkan tapioka, telur, garam dan merica, kocok hingga rata. Panaskan 2 sdm minyak, masukkan telur, orak arik telur hingga matang. Angkat. Sisihkan.
6. Masukkan orak arik telur tadi ke atas perut ikan. Tutup dan bentuk ikan seperti ikan utuh. Bungkus dengan aluminium foil hingga rapat.
7. Didihkan air dalam dandang. Kukus ikan selama 30 menit di atas api sedang. Angkat. Dinginkan. Buka aluminium foil.
8. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan dengan api sedang. Goreng bandeng sampai berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan bersama sambal.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More