17 Dokter Tangani Bayi Kembar Siam di Medan

Gambar Nabila dan Naila saat ditangani dokter RS Adam Malik Medan

MEDAN - Sebanyak 17 dokter spesialis menangani bayi kembar siam yang lahir di RSUP Adam Malik, Medan, Sumatera Utara, pada Kamis (2/12/2010) lalu.

Kepala Subbag Humas RSUP Haji Adam Malik Sairi M Saragih mengatakan untuk dokter tersebut merupakan spesialis gizi, jantung, anak, obgyn, dan lainnya. Tim dokter diketuai Prof dr Guslihan D Tjipta.

Anak ketiga Muslim dan Siti tersebut lahir dengan kondisi dempet pada bagian dada dan perut. Kedua bayi perempuan tersebut memiliki berat 4,5 kilogram serta panjang 44 dan 41 centimeter. Mereka dirawat dalam inkubator di Ruang ICU Anak.

Meskipun kondisinya stabil, namun tim medis masih terus melakukan pemeriksaan. Tim dokter menemukan kelainan jantung pada kedua bayi. Karena itu, perawatan secara intensif tetap dilakukan.

“Kondisinya bagus. Tekanan darah, suhu tubuh, dan darahnya juga diperiksa bagus. Semuanya baik, hanya oksigennya kurang stabil. Tapi kita sudah mengukur saturasi oksigennya dan memasang elektrokardiogram untuk melihat denyut jantungnya. Kita belum tahu berapa jumlah jantungnya,” jelas Sairi, Sabtu (4/12/2010).

Sementara itu bayi kembar siam diberi nama nama Nabila dan Naila yang berarti cerdas dan berani.


Dengan nama itu, Muslim berharap anak kembarnya selamat saat operasi pemisahan nanti. Namun, dia dan istrinya Siti Hajar (34) tetap menyerahkan semuanya kepada Tuhan, dan mereka siap dengan apa pun yang terjadi nanti.

“Saya sudah melihat bagaimana kondisi anak saya. Istri saya juga sudah tahu. Memang sudah takdir Allah anak kami terlahir seperti itu. Tapi, kami tetap ingin yang terbaik buat mereka. Saya berharap keduanya bisa selamat,” harap pria yang bekerja wiraswasta itu.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More